Featured Post Today
print this page
Latest Post

Masa Perkembangan Teknologi




    Ini dia postingan selanjut saya langsung saja di baca :

  •  Masa (….s/d 3000 SM)

Pada awalnya teknologi informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang meraka kenal. Mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada dilingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua tempa.t mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini.

Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti kendang ,terompet yang terbuat dari tanduk binatang, atau isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.



  • Masa Sejarah(3000 SM s/d 1400 –an M)

Pada masa tersebut teknologi informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kalian kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan terbatas saja, digunakan pada saat-saat khusus dan biaya yang dikeluarkan banyak.



  •  Masa 3000 SM

Untuk pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan symbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf.

Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi kata , kalimat dan bahasa.



  • Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)

1)      2900 SM

Pengunaan huruf hierogliph pada bangsa Mesir kuno. Hierogliph merupakan bahasa symbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh symbol yang berbeda.Ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa heirogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.

2)      500 SM

Serat papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar Sungai Nil ini menjadi media menulis atau media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai menia informasi.

3)      105 M

Bangsa Cina menemukan kertas.Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kalian kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci, kemudian diratakan dan di keringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kalian kenal sekarang dengan sistem cap.



  •  Masa Modern (1400-an M s/d sekarang)

           

Tahun 1455

Mesin cetak yang menggunakan plat huruf terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Guntenberg

Tahun 1830

Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Alat tersebut didesain mampu memasukkan data, mengola data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk .

Tahun 1837

Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan digunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.

Tahun 1861

Gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang pada zaman dulu proyektor ini berkembang dengan sebutan layar tancap.

Tahun 1876

 Pada masa ini ditandai dengan tokoh Melvyl Dewey yang mengembangkan sistem penulisan desimal.

Tahun 1877

1)   Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang digunakan pertama kali secara umum.

2)   Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edward Maybridge.

Tahun 1899

Dipergunakan system penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang pertama tetapi pada masa ini penyimpanan masih bersifat analog belum digital seperti masa sekarang.

Tahun 1923

Pada masa ini ditandai dengan Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.

            Tahun 1940

Dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia 2 yang digunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape. 

Tahun 1945

Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext.Pada masa ini penggunaan hypertext sudah berkembang seiring dengan perkembangan desain web site yang saat ini berkembang.



Tahun 1946

Pada masa kurun waktu ini teknologi komputer digital pertama di dunia ENIAC I dikembangkan walaupun belum begitu banyak pemakai tetapi teknologi computer sudah digunakan instansi-instansi tertentu.



Tahun 1948

Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan transistor.

Tahun 1957

1)      Jean Hoerni mengembangkan transistor planar.Teknologi ini memungkinkan Pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silicon.

2)      USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata.Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer.

Tahun 1972

Pada masa ini Ray Tomlinson menciptakan program E-mail pertama yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh menggunakan teks.E-mail dapat dikatakan sebagai surat elektronik.

          Tahun 1973-1990

Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA.Pada tahun 1981 National Science Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya:DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway.

           Tahun 1991-Sekarang

Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya.Pada tahun 1992 pembentukan komunitas internet, kemudian diperkenalkan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN.Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc),dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet).Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.Tahun 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone.Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.



 Jangan lupa tinggalkan komentar !!!!



1 komentar

Tahap-Tahap Sosialisasi

Proses sosialisasi  berlangsung melalui beberapa tahapan , yaitu :

A. Masa anak-anak 
     Sejak dilahirkan, seorang anak (terutama balita) hidupnya sangat bergantung kepada orang tua atau saudara-saudara dekat di lingkungan keluarganya . Ia belajar menirukan apa yang diajarkan orang tuanya seperti, belajar makan, dan belajar berbicara. Setelah anak-anak mulai mengenal lingkunagn yang lebih luas, yaitu lingkungan sepermainannya, si anak sudah mengenalteknik bermain peran. Misalnya main, polisi-polisi, perang-perangan, dan dokter-dokter. Jadi, tahapan ini seorang anak sudah pandai menirukan peran-peran tertentu, walaupun masih terbatas. Tahap ini juga bisa disebut play stage.

B.Masa Remaja
    Tahapan ini merupakan tahap lanjutan dari teknik bermain peran pada masa anak-anak. Seorang remaja tidak hanya meniru peran seseorang yang diidolakannya, tetapi sudah mengidentikkan dirinya, seolah0olah ia sudah menyamakan (identik) dirinya dengan tokoh idolanya. Misalnya, remaja yang mengidolakan seorang bintang film, akan berupaya sedemikian rupa mengidentikkan dirinya dengan bintang pujaan nya itu. Ia akan mengikuti mode rambut, mode pakaian, bahkan akan berprilaku sama seperti samaseperti idolanya tersebut. tahapan ini juga bis disebut game stage.
    Usia remaja sering diistilah dengan kata ABG (anak-anak baru gede) karena pada usia ini mereka belum memasuki usia dewasa, tetapi sudah melewati masa anak-anak. Dala masa puber remaja seringkali mengalami situasi kritis dengan gejala-gejala antara lain :
1) Bertemperamen keras dan agresif, atau sebaliknya murung dan suka menyendiri.
2) Kepribadiannya labil karena masih mencari identitas diri.
3) Mudah tersinggung dan sukar mengendalikan emosi.
4) Mudah terpengaruh oleh hal-hal tertentu, baik yang bersifat positif maupun negatif.
5) Memiliki rasa ingin tahu dan mencoba hal-hal yang baru, yang sebelumnya belum pernah ia alami.
pasti anda pada saat remaja yang sedang membaca postingan ini pasti pernah mengalami salah-satu gejala yang ada diatas , saya pun juga pernah merasakan nya.

    Dampak yang sangat tidak diinginkan dari situasi krisis seperti disebutkan tadi adalah munculnya prilaku menyimpang di kalangan remaja.

C. Masa Dewasa 
     Proses sosialisasi pada tahap ini merupakan titik kulminasi yang paling optimal bagi seorang individu. Proses belajar tidak semata-mata melalui p-ola meniru, tetapi lebih kepada pola menyesuaikan diri. Pada tahap ini, seorang individu dewasa diharapkan sudah menyelaraskan dan dirinya dengan pola sosial budaya masyarakat tempat ia hidup. Selain itu, individu juga memperoleh status dan peran yang mantap sehingga ia menjadi anggota penuh dari masyarakat. 






Sekian postingan dari saya , kalau ada pertanyaan silahkan tuliskan di komentar !!!!!




0 komentar

GLOBALISASI IMPOR INDONESIA



Pertumbuhan dan perkembangan zaman seperti halnya pertumbuhan dan perkembangan seorang manusia. Seorang manusia pasti menginginkan yang terbaik bagi dirinya, dengan itu pula ia selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Dari perubahan – perubahan itu mempunyai pengaruh yang dahsyat bagi dirinya. hal itulah yang sering kita sebut globalisasi.

Globalisasi ini merambat dalam segala bidang, yaitu bidang ekonomi, politik, dan budaya. contohnya saja di Indonesia ini, globalisasi impor-mengimpor. Masyarakat Indonesia merasa senang atau bangga apabila mempunyai / mendapat hal ataupun barang yang dapat diimpor dari luar negeri. Sayangnya, mereka terkadang tidak peduli apakah itu bermanfaat atau menghancurkan dirinya.Di lingkungan kita sendiri contohnya, impor juga berpengaruh kuat, antara lain :Di bidang ekonomi Handphone dan alat – alat elektronik lainnya Pakaian ,Kosmetik, terkadang kosmetik dari luar tidak sesuai dengan kulit orang Indonesia. Mata uang, orang Indonesia lebih bangga dan lebih sering menggunakan mata uang negara lain. Penggunaan kartu kredit, agar kita lebih aman dan lebih praktis. Di bidang politik Pemilihan presiden dengan cara pemilu secara langsung. Di bidang budaya Musik rock Perfilman Film imitasi dari bollywood, yaitu misteri 2 dunia, stella, tiara, dll. Perfilman kini lebih canggih dan modern karena banyaknya animasi – animasi baru. Cara berpakaian yang minim, meniru pakaian yang dikenakan oleh budaya barat dan budaya timur tengah.

Dalam hal Alat music Harmonika Biola Dalam hal Makanan Humberger ,Pizza, Coca cola, Spagethi, dll Dalam hal Tradisi,Pakaian pengantin, seperti slaye Dalam hal Tarian,Balet Salsa.Di kalangan pelajar, globalisasi impor ini juga banyak terjadi, antara lain: Para pelajar mewarnai rambut dan memotong rambut dengan gaya yang sedang ngetren. Terkadang para pelajar menyalahgunakan penggunaan handphone, seperti mendengar atau bermain handphone ketika sedang belajar di kelas. Bahkan menyimpan foto – foto atau adegan – adengan porno di dalamnya. Waktu belajar pun menjadi tersita. Pelajar terkadang juga menggunakan seragam sekolah yang tidak selayanya sebagai seorang pelajar. Rok sekolah mini baju sekolah yang sempit sehingga membuat lekuk tubuh terlihat, serta kaos kaki dan sepatu yang berwarna – warni. Pelajar juga sering mengkonsumsi makanan dan minuman instan yang bisa merusak kekebalan tubuh atau menimbulkan penyakit. Alat – alat elektronik lainnya juga sangat mempengaruhi cara hidup kita, antara lain :Televisi\ Dulu anak – anak di desa lebih senang pergi mengaji daripada menonton televisi. sekarang, menjadi sebaliknya.

Komputer  sangat bermanfaat bagi kita. Rata – rata segala macam prospek kerja sudah memanfaatkan fasilitas kecanggihan komputer. Dengan komputer, kita bisa saling bertukar data dari suatu tempat ke tempat lain.Tapi, kita juga bisa terjebak ke dalam lingkaran dampak negatif komputer. Contohnya saja sebagai pelajar, kita lebih senang mengeluarkan uang yang lumayan besar dan membuang waktu untuk pergi ke warnet. Bahkan banyak juga di antara pelajar yang membuka situs yang tidak pantas dilihat. Play station Anak – anak sampai sekarang terkadang sangat menggemari bermain PS hingga mereka bisa lupa waktu untuk belajar, makan, hingga lupa untuk tidur siang. Tetapi, globalisasi impor juga banyak membawa manfaat bagi kemajuan dan kemudahan kita dalam beraktivitas.
0 komentar

Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Bangsa Proto Melayu (Bangsa Melayu Tua)
Kira-kira pada tahun 1500 SM bangsa Proto Melayu masuk ke Indonesia. Bangsa Proto Melayu memasuki Indonesia melalui dua jalur/ jalan, yakni jalan barat, yaitu melalui Malaya - Sumatra dan jalan timur, yaitu melalui Pilipina - Sulawesi Utara. Bangsa Proto Melayu memiliki kebudayaan yang setingkat lebih tinggi daripada kebudayaan Homo Sapiens Indonesia. Kebudayaan mereka adalah kebudayan batu-baru atau Neolitikum (neo = baru, lithos = batu). Meskipun barang-barang hasil kebudayaan mereka masih terbuat dari batu, tetapi telah dikerjakan dengan baik. Barang-barang hasil kebudayaan yang terkenal ialah kapak persegi dan kapak lonjong. Kebudayaan kapak 
persegi dibawa oleh bangsa Proto Melayu yang melalui jalan barat, sedangkan kebudayaan kapak lonjong dibawa melalui jalan timur. Bangsa Proto Melayu akhirnya terdesak dan bercampur dengan bangsa Deutero Melayu yang kemudian menyusul masuk ke Indonesia. Bangsa Indonesia sekarang yang termasuk keturunan bangsa Proto Melayu, misalnya suku bangsa Batak, Dayak, dan Toraja.

Bangsa Deutero Melayu (Bangsa Melayu Muda)
Kira-kira tahun 500 SM, nenek moyang kita gelombang ke dua mulai memasuki Indonesia. Bangsa Deutero Melayu memasuki Indonesia melalui satu jalan saja, yaitu jalan barat (yakni melalui Malaya - Sumatera ). Menurut N. Daldjoeni (1984), bangsa Deutero Melayu atau Melayu Muda ini berasal
dari Dongson di Vietnam Utara, sehingga mereka ini kadang kala disebut orang-orang Dongson. Mereka telah memiliki kebudayaan yang lebih tinggi daripada bangsa Proto Melayu. Peradaban mereka ditandai dengan kemampuan mengerjakan logam dengan sempurna. Barang-barang hasil
kebudayaan mereka telah terbuat dari logam. Mula-mula dari perunggu dan kemudian dari besi. Hasil kebudayaan logam di Indonesia yang terpenting ialah kapak corong atau kapak sepatu dan nekara. Di bidang pengolahan tanah, mereka telah sampai pada usaha irigasi atas tanah-tanah pertanian yang berhasil mereka wujudkan, yakni dengan membabad hutan terlebih dahulu. Sudah selayaknya mereka mencari daerah-daerah seperti di Jawa dan pantai-pantai Sumatra untuk digarap seperti di negeri asal mereka. Mereka juga telah mengenal perikanan laut dan pelayaran, sehingga rute perpindahan ke Nusantara juga memanfaatkan jalan laut. Bangsa Indonesia 
sekarang yang termasuk keturunan bangsa Deutero Melayu, misalnya suku bangsa Jawa, Madura, Menado dan Melayu (Sumatra, Kalimantan dan Malaka). Selanjutnya berdasarkan perbedaan ras, manusia ( penduduk ) Indonesia awal paling tidak ada 4 (empat) ras, yaitu Manusia Purba, Ras Weddid (Wedda), Ras Papua - Melanesoida (Negrito), dan Ras Melayu (Austronesia).





Jangan lupa tinggalkan komentar!!!!!! Thank’s :D
 

0 komentar

Ras Negroid


Ras Negroid 
Ras Negroid adalah istilah yang pernah dipakai dulu untuk menunjuk fenotipe umum dari sebagian besar penghuni benua Afrika di sebelah selatan gurun Sahara. Keturunan mereka banyak mendiami Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa dan Timur Tengah.
Pakar genetika asal Italia, Luigi Luca Cavalli-Sforza telah membuktikan bahwa pembagian manusia dalam ras adalah suatu usaha yang sia-sia. Dengan demikian, dari segi biologi, istilah seperti ras Negroid pada ras manusia tidak dianggap lagi. Fenotipe seseorang ditentukan oleh hanya sejumlah kecil gen. Secara biologis, hanya ada satu ras manusia, yaitu Homo sapiens sapiens.
Dari segi fenotipe, ciri khas utama anggota ras Negroid adalah kulit yang berwarna hitam dan rambut keriting. Meskipun anggota ras Khoisan dan ras Australoid juga berfenotipe kulit hitam dan rambut keriting, mereka tidak dianggap termasuk ras Negroid.






Jangan lupa tinggalkan komentar!!!!!! Thank’s :D
1 komentar

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Uang

Artikel selanjut nya yang saya bahas adalah Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Uang langsung saja dibaca.!!

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi jumlah penawaran uang atau jumlah uang yang beredar di masyarakat. Faktor-faktor tersebut antara lain pendapatan, tingkat suku bunga , selera masyarakat, harga barang, fasilitas kredit, dan kekayaan masyarakat.

1. Pendapatan adalah jumlah uang yang diterima oleh masyarakat pada jangka waktu tertentu. Semakin tinggi pendapatan masyarakat, maka semakin besar pula jumlah uang yang beredar di masyarakat. Sebaliknya, pula pendapatan masyarakat rendah, maka semakin kecil pula jumlah uang yang beredar di masyarakat.

2. Tingkat suku bunga dapat memengaruhi jumlah uang yang beredar. Bila suku bungan rendah, maka orang cenderung untuk menabung di bank. Jumlah uang yang beredarpun akan meningkat. Sebaliknya, bila suku bunga bank tinggi, banyak orang yang tertarik untuk menyimpan uang di bank. Efeknya, jumlah uang yang beredar juga akan berkurang.

3. Selera masyarakat dapat mempengaruhi jumlah uang yang beredar. Pada saat ada pergantian model atau tren tertentu, permintaan terhadap barang tersebut dapat mempengaruhi jumlah uang yang beredar.

4. Harga Barang, pada saat harga barang naik maka peredaran uang akan semakin cepat karena dibutuhkan  makin banyak uang untuk membeli barang tersebut.

5. Fasilitas Kredit, adanya fasilitas kredit dapat mempengaruhi jumlah uang yang beredar di pasar. Jika masyarakat suka akan penggunaan kredit , maka dengan sendirinya penggunaan kredit, maka dengan sendirinya penggunaan uang tunai akan nberkurang. Begitu juga senaliknya.

6. Kekayaan Masyarakat, jumlah uang yang beredar dalam masyarakat semakin apabila variasi kekayaan masyarakat semakin besar apabila variasi kekayaan masyarakat sedikit. Sebaliknya, bila masyarakat memiliki banyak pilihan bentuk kekayaan seperti kekayaan dalam bentuk tabungan, saham, tanah, dan lain-lain, maka jumlah uang beredar di masyarakat akan menurun.


Sekian dari postingan saya ! thanks

329 komentar

Mars PMI

artikel selanjutnya adalah saya memposying lagu Mars PMI langsung saja di lihat :



Mars PMI

Palang Merah Indonesia 
Sumber Kasih Umat Manusia 

Warisan luhur Nusa dan Bangsa 
Wujud nyata mengayong Pancasila

Gerak juangnya ke seluruh Nusa
Mendarmakan bakti bagi ampera

Tunaikan tugas suci tujuan PMI
di persada bunda pertiwi

Untuk umat manusia 
Di seluruh dunia
PMI mjenghantarkan jasa


Jangan lupa tinggalkan komentar yaaa !! Thanks

1 komentar

RSS

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Support : Facebook | Twitter | Pelajar Manalagi
Copyright © 2013. Pelajar Manalagi - All Rights Reserved
PM